Penerapan Terapi Kelompok dengan Teknik Psikoedukasi untuk Mengatasi Kecemasan pada Siswa di Sekolah Master Depok
Abstract
Sekolah Master Depok merupakan lembaga pendidikan gratis untuk anak Yatim Piatu, Dhuafa, dan fakir miskin. Program yang diberikan sangat membantu, hanya saja para siswa cenderung banyak mengalami kecemasan. Kecemasan yang dirasakan siswa dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan mereka, seperti prestasi akademik, kesejahteraan emosional, dan interaksi sosial Setelah dilakukan pemeriksaan psikologi dengan wawancara klinis, observasi, tes psikologi, dan pemberian Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) diketahui bahwa siswa mengalami kecemasan dengan menunjukan perilaku mudah merasa lelah, khawatir, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, dan malas. Penelitian dilakukan dengan metode quasi experimental untuk mengukur pengaruh terapi kelompok dengan teknik psikoedukasi dalam mengatasi kecemasan pada siswa peserta program paket C. Lima peserta dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil menunjukkan penurunan tingkat kecemasan setelah intervensi sebanyak 33%. Siswa menunjukkan peningkatan semangat, ketenangan, kemampuan berkonsentrasi, dan tidur. Peneliti merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan dan mengeksplorasi intervensi lain.