Penerapan Konsep Kaizen Untuk Menurunkan Lead Time Express Maintenance Pada PT Indomobil Trada Nasional Depok

  • Ismail Adiyoso Putro

Abstrak

Konsistensi kualitas suatu layanan akan mempengaruhi bertahan atau tidaknya suatu
perusahaan tersebut dalam kebutuhan pasar yang sangat beragam, sehingga diperlukan suatu
upaya dalam manajemen perusahaan dengan pengendalian dan peningkatan kualitas. Kaizen
merupakan salah satu cara perbaikan berkesinambungan yang melibatkan semua orang baik
manajer maupun karyawan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan penelitian adalah
untuk mengidentifikasi hambatan apa saja yang terjadi dalam proses pengerjaan express
maintenance serta untuk menemukan solusi yang tepat dan baik untuk menurunkan lead time
pada express maintenance. Maka, diterapkan konsep Kaizen untuk menurunkan lead time
express maintenance pada PT Indomobil Trada Nasional. Ditemukan beberapa masalah yaitu
pengembilan spare part yang lama, parkir tidak langsung pas, tools belum lengkap, tools tidak
tertata dengan rapi dan alur kerja yang tidak beraturan. Setelah dilakukan improvement, lead time
express maintenance turun dari tiap tiap pekerjaannya, PMS 10.000 KM turun 8 menit, PMS
20.000 KM turun 12 menit, dan PMS 40.000 KM turun 4 menit. Serta total biaya yang dapat
dipangkas setelah Kaizen yaitu 3.720.000 rupiah.

Diterbitkan
2020-11-08