E-Commerce Untuk Memaksimalkan Pendapatan Menggunakan Metode Business Model Canvas Berbasis Content Management System
Abstract
Persaingan usaha kecil dan menengah (UKM) telah berubah secara signifikan akibat resesi
global, termasuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan memaksimalkan pendapatan pada omeka
vaporizer, meningkatkan penjualan dengan digital marketing, memperluas penjualan dan dapat
menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Subjek dari penelitian ini adalah Toko Omeka
Vaporizer, yang bergerak di bidang rokok elektrik. Kendala yang sering terjadi adalah masalah
dalam pengiriman dan pemesanan produk yang dibeli oleh pelanggan. Produk yang dijual secara
tradisional, pelanggan ber kunjungan ke toko atau pemesanan melalui offline. Selain itu, biaya yang
dikeluarkan untuk pengiriman produk terlalu mahal. Maka solusi yang dapat peneliti berikan adalah
merancang situs untuk sistem pengiriman dan pemesanan berbasis e-commerce untuk
memaksimalkan penjualan produk tersebut. Dengan adanya pembelanjaan online, pelanggan lebih
mudah untuk membeli produk tanpa harus datang untuk melihat produk yang dijual pada display
toko. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dalam penelitian
ini berupa Website e-commerce menggunakan tools Content Management System (CMS) dengan
metode Business Model Canvas.