Pemilihan Pemasok Telur Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: UD Mega Timur Bajawa, Nusa Tenggara Timur)

  • Nur Layli Rachmawati Universitas Pertamina
  • Yelita Anggiane Iskandar Universitas Pertamina
  • Made Ranjani Dharmapatni Universitas Pertamina
  • Dziba Ainun Jaariyah Universitas Pertamina
  • Desak Gede Dewi Ariani Universitas Pertamina
  • Pauline Nancy Deslin Layman Universitas Pertamina
Keywords: Pemasok Telur, Analytical Hierarchy Process, Expert Choice

Abstract

Salah satu hal penting dan utama dalam kegiatan operasional distributor ialah pemilihan pemasok.
UD Mega Timur Bajawa merupakan toko yang bergerak di bidang usaha retail, distribusi sembako.
Pada toko ini, diketahui bahwa telur merupakan barang dengan permintaan tertinggi dari waktu ke
waktu sehingga perlu diberikan perhatian khusus agar kualitas pelayanan kepada konsumen dapat
dipertahankan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menentukan pemasok bahan baku
telur yang terpilih beserta usulan prioritas pemilihannya. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada ahli yang relevan. Permasalahan ini
diselesaikan menggunakan metode penentuan keputusan multi kriteria atau Multi-Criteria Decision-
Making (MCDM) yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan aplikasi Expert
Choice. Berdasarkan hasil pengolahan data maka dapat disimpulkan usulan prioritas dari 3
alternatif pemasok telur dimana pemasok 1 diketahui memiliki nilai akhir paling besar yaitu 0,512
sehingga ditetapkan sebagai pemasok terpilih berdasarkan kriteria penelitian yang disusun.

Published
2024-03-01