Pengaruh Personalitas (Dark Triad), Religiusitas-Spiritualitas Terhadap Niat Kewirausahaan Pada Remaja Di DKI Jakarta

  • Fakhruddin Mart
  • Rizki Mulyadi
  • Indira Zahra
Kata Kunci: Niat Berwirausaha, Efikasi Diri Kewirausahaan, Personalitas, Dark Triad, Religiusitas, Spiritualitas, Entrepreneurial Intentions, Entrepreneurial Self-Efficacy, Personality, Religiosity, Spirituality

Abstrak

Partisipasi penduduk usia muda pada Sektor Ekonomi Kreatif sangat diperlukan. Ditengah pengaruh
pandemik yang memicu kemunduran ekonomi global, hasil survei terbaru pada 14 hingga 20 Mei 2020
terhadap remaja Amerika menunjukkan bahwa remaja tetap terbuka untuk menjadi wirausahawan dan
memulai bisnis. Pertanyaan mengenai bagaimana niat berwirausaha pada remaja Indonesia khususnya di
DKI Jakarta. Dalam hal ini kami memfokuskan penelitian pada bagaimana pengaruh personalitas,
religiusitas dan spiritualitas serta efikasi diri kewirausahaan mempengaruhi niat berwirausaha. Data dari
sampel remaja sebanyak 215 orang yang berasal dari sekolah di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat yang
didapat kemudian diolah dengan menggunakan teknik Structure Equation Model (SEM) melalui
penggunaan software SmartPLS3. Hasil nya menunjukan bahwa machiavellianisme tidak memiliki
pengaruh yang signifikan, berbeda dengan narsisme yang memiliki pengaruh positif dan psikopati yang
memiliki pengaruh negatif terhadap niat berwirausaha yang lebih besar dibandingkan dengan pengaruh
positif aktifitas keagamaan dan keyakinan berbasis coping terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini
menghasilkan kesimpulan bahwa personalitas psikopati memiliki pengaruh negatif secara langsung
terhadap niat berwirausaha. Sementara itu narsisme, aktifitas keagamaan dan keyakinan berbasis coping
berpengaruh positif terhadap niat berwirausaha namun diperlukan efikasi diri kewirausahaan sebagai
mediator untuk aktifitas keagamaan berpengaruh lebih baik terhadap niat berwirausaha remaja DKI Jakarta

Diterbitkan
2020-11-09