CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI): PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN SMARTPHONE VIVO V7+ AGNES MONICA

CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI): PENGUKURAN EFEKTIVITAS IKLAN SMARTPHONE VIVO V7+ AGNES MONICA

  • Widya Sastika
  • Astri Wulandari
  • Fanni Husnul Hanifa
Kata Kunci: Iklan, Media Televisi, Customer Response Indeks, Smartphone Vivo

Abstrak

ABSTRAK
Salah satu media yang digunakan oleh produsen untuk mengenalkan produknya kepada
masayarakat adalah Televisi. Beriklan di media Televisi meskipun mahal tetapi lebih dianggap tepat
sasaran dibandingkan dengan media lainnya. Pendatang baru yang juga masuk dalam daftar pengiklan
terbesar adalah smartphone China Vivo yang memberikan Rp 830 miliar untuk belanja iklan, dengan
melakukan peluncuran salah satu ponsel cerdas Vivo yang dilakukan serentak di sembilan televisi
nasional dengan menggandeng penyanyi Agnez Monica. Mengetahui nilai belanja iklan smartphone
Vivo yang begitu besar dengan kenaikan 577% di tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2016,
diharapkan penjualan smartphone Vivo juga mengalami kenaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui efektivitas iklan Vivo V7+ Agnes Monica di media televisi dengan metode
Customer Response index (CRI). Dimensi Customer Response Index (CRI) terdiri dari kesadaran
(awareness), pemahaman (comprehend), ketertarikan (interest), niat (intentions) dan tindakan
(action). Responden pada penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden
di kota Bandung. Penelitian menggunakan metode penelitian yaitu metode kuantitatif dan deskriptif.
Berdasarkan hasil pengolahan data persentase nilai Customer Response Index (CRI) adalah 67,01%
lebih besar dari nilai persentase unware 0%, no comprehend 13%, no interest 7,83%, no intention
3,92% dan no action 8,24%. Maka, dapat disimpulkan bahwa iklan Vivo V7+ Agnes Monica di media
televisi dikatakan efektif.

Diterbitkan
2018-11-19