Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningktakan Kualitas Sekolah Yang Bercirikan Buddhis

  • haudi haudi STAB DHARMA WIDYA
Kata Kunci: manajemen berbabsis sekolah, bericirikan Buddhist, buddhist value

Abstrak

Pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah
diselenggarakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen
berbasis sekolah/madrasah. Pengelolaan sekolah yang dimaksud merupakan bentuk
otonomi pengelolaan pendidikan pada satuan pendidikan dasar dan menengah yang
menunjukkan kemandirian, kemitraan, kerjasama, partisipasi, keterbukaan, dan
tanggung jawab. Penelitian tentang penerapan/implementasi MBS dalam dunia
pendidikan sudah sering dilakukan dengan terbukti banyaknya jurnal yang diterbitkan.
Beberapa peneliti fokus pada kepemimpinan kepala sekolah, guru dan mutu pendidikan
peserta didik. Belum ada peneliti yang memberikan perhatian pada
penerapan/implementasi MBS di sekolah bercirikan Buddhis, terutama terhadap
penerapan Pancasila, Sigalovada Sutta, dan Dasa Raja Dhamma. Oleh karena itu, fokus
penelitian ini pada penerapan nilai Buddhis yang diterapkan guru dan peserta didik,
dalam kegiatan belajar mengajar maupun kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah sekolah DS telah melaksanakan MBS dengan nilai-nilai
Buddhis. Penelitian dilakukan menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan data
primer yang bersumber dari narasumber dan key person dengan metode wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 9
informan. Hasil dari penelitian menunujukan bahwa MBS dengan nilai-nilai buddhis
hanya dilaksanakan oleh murid dan sebagian guru, sedangkan guru, pejabat sekolah dan
administrasi masih belum melaksanakan MBS dengan niai-nilai Buddhis.
Kata

Diterbitkan
2022-11-01