Pelaksanaan Pendidikan Agama Buddha Pada Sekolah Dasar

  • Winja Kumari
  • Lisniasari Lisniasari
Kata Kunci: Pembelajaran, Agama Buddha, Kurikulum 2013

Abstrak

Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dari pendidikan Agama Buddha di sekolah dasar.
Pada penelitian ini memakai sebuah metode yang dikenal dengan nama metode kualitatif
deskriptif. Metode penelitian dari deskriptif kualitatif dengan melakukan pendeskripsian
terhadap suatu kejadian, peristiwa saat ini. Dengan kata lain metode ini mengambil sebuah
permasalahan dari masalah yang bersifat actual. Proses pembelajaran mata pelajaran pengajaran
agama Buddha, untuk pelajar beragama agama Buddha, pada tingkatan sekolah dasar, bisa
didiskripsikan dengan mengaplikasikan materi/bahan ajar, menerapankan taktik/sistem,
mengaplikasikan media dan mengaplikasikan penilaian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini
pelaksanaan pendidikan agama Buddha pada tingkatan sekolah dasar masih menuai banyak
permasalahan mulai dari kompetensi guru pendidikan agama Buddha yang masih kurang, media
yang digunakan masih terbatas, program pelatihan yang masih kurang, serta berbagai sarana dan
prasarana yang belum memadai. Sehingga diperlukan berbagai evaluasi agar pelaksanaan
pendidikan agama Buddha pada tingkatan sekolah dasar dapat berjalan dengan baik.

Diterbitkan
2021-10-28