Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan MySQL ( Studi Kasus pada Toko Surya )

  • Arman Syah Putra

Abstrak

Manajemen pelayanan pelanggan adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mengelola hubungan

perusahaan dengan pelanggan, termasuk didalamnya proses-proses rekam data dan pengelolaan data

pelanggan, berbasis web penulis menggunakan model waterfall dan UML (Unified Modeling Language)

sebagai modeling tools untuk mengembangkan rancang sistem informasi diantranya. Use case diagram,

activity diagram, sequence diagram, dan calss diagram. Kesimpulan sistem yang berjalan pada toko surya

masih manual dimana input data pembayaran masih menggunakan metode kertas yang ditulis tangan tanpa

adanya sebuah database sehingga kurang efektif dan efisien. Penulis membuat sistem manajemen pelayanan

pelanggan dengan bahasa pemprograman PHP serta database yang digunakan yaitu MySQl. Tujuan dari

sistem manajemen pelayanan pelanggan tersebut agar bisa di akses oleh pelanggan dan admin dan juga dapat

terintegrasi dengan database sehingga dapat memberikan kemudahan dalam pencarian data barang, data

pelanggan, data admin Untuk menghasilkan sistem yang di usulkan di penuhkan penelitian, penulis

menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka dalam pengumpulan data.

Kata kunci : pelayanan, waterfall, PHP, UML(Unified modeling language)

Diterbitkan
2021-06-13