PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN LAYANAN BERBASIS KIOSK DI PT. MULTI INFORMATIKA SOLUSINDO
Abstrak
Kebutuhan informasi penting bagi semua kalangan. Termasuk masyarakat yang membutuhkan
informasi secara detail tentang jenis pelayanan informasi sebuah perusahaan. Selama ini, PT.
Multi Informartika Solusindo masih menggunakan media manual dalam hal penyampaian
informasi kepada Masyarakat/client. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat sistem
layanan informasi antrian interaktif dengan memanfaatkan data informasi di instalasi yang
tersedia. Manfaat sistem adalah sebagai media penerima dan penyampai informasi yang
terstruktur, konsisten dan dinamis dalam satu paket multimedia, sekaligus sebagai strategi
differensiasi pelayanan bagi perusahaan. Adapun metodologi yang digunakan adalah dimulai
dengan identifikasi dan analisa kebutuhan informasi melalui survey lapangan dan kuisioner
sebagai bahan isi materi sistem kiosk. Identifikasi kebutuhan sistem dan desain sistem dengan
DFD dan ERD. Implementasi dari desain system menggunakan tekhnologi VB.Net dan
PHPMYSQL sebagai database. Semua file multimedia dan data informasi dari server database
akan dipanggil dan disebarkan kepada client melalui jalur display Digital Signage. Terakhir
Dilakukan evaluasi dengan lingkup aspek kebutuhan informasi, aspek teknis, aspek bahasa dan
aspek desain. Uji coba yang dilakukan meliputi aspek: Informasi, Teknis, Bahasa dan Desain.
Dari penelitian didapat kebutuhan informasi client meliputi: company profile, produk dan
infomasi layanan. Penayangan info dalam format sound berjalan lebih lambat. Untuk aspek
desain dan bahasa dibuatkan kuisioner untuk pengguna.
Kata kunci : kiosk informasi, informasi pelayanan perusahaan, sistem antrian