PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN LAYANAN BERBASIS KIOSK DI PT. MULTI INFORMATIKA SOLUSINDO

  • Andika Yunianto

Abstrak

Kebutuhan informasi penting bagi semua kalangan. Termasuk masyarakat yang membutuhkan

informasi secara detail tentang jenis pelayanan informasi sebuah perusahaan. Selama ini, PT.

Multi Informartika Solusindo masih menggunakan media manual dalam hal penyampaian

informasi kepada Masyarakat/client. Penelitian ini bertujuan merancang dan membuat sistem

layanan informasi antrian interaktif dengan memanfaatkan data informasi di instalasi yang

tersedia. Manfaat sistem adalah sebagai media penerima dan penyampai informasi yang

terstruktur, konsisten dan dinamis dalam satu paket multimedia, sekaligus sebagai strategi

differensiasi pelayanan bagi perusahaan. Adapun metodologi yang digunakan adalah dimulai

dengan identifikasi dan analisa kebutuhan informasi melalui survey lapangan dan kuisioner

sebagai bahan isi materi sistem kiosk. Identifikasi kebutuhan sistem dan desain sistem dengan

DFD dan ERD. Implementasi dari desain system menggunakan tekhnologi VB.Net dan

PHPMYSQL sebagai database. Semua file multimedia dan data informasi dari server database

akan dipanggil dan disebarkan kepada client melalui jalur display Digital Signage. Terakhir

Dilakukan evaluasi dengan lingkup aspek kebutuhan informasi, aspek teknis, aspek bahasa dan

aspek desain. Uji coba yang dilakukan meliputi aspek: Informasi, Teknis, Bahasa dan Desain.

Dari penelitian didapat kebutuhan informasi client meliputi: company profile, produk dan

infomasi layanan. Penayangan info dalam format sound berjalan lebih lambat. Untuk aspek

desain dan bahasa dibuatkan kuisioner untuk pengguna.

Kata kunci : kiosk informasi, informasi pelayanan perusahaan, sistem antrian

Diterbitkan
2019-10-14