PENGELOLAAN KAPASITAS LAYANAN UNTUK PERENCANAAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI PADA PT. XYZ
Abstract
Pengelolaan kapasitas layanan Teknologi Informasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengelola kapasitas
dan ketersediaan layanan Teknologi Informasi yang diawali dengan adanya proses pengawasan yang bertujuan
untuk menentukan tugas, fungsi dan tanggung jawab serta standar prosedur kerja, pembuatan metode
penghitungan tingkat ketersediaan layanan Teknologi Informasi yang bertujuan untuk menghitung ketersediaan
suatu sistem/layanan yang kompleks, pembuatan matriks parameter teknis pengawasan yang bertujuan untuk
menentukan parameter, perangkat dan tools yang digunakan pada teknik pengawasan kinerja, serta pembuatan
format laporan pengawasan yang bertujuan untuk mendapatkan data hasil pengawasan kapasitas dan ketersediaan
layanan Teknologi Informasi. Framework IT-IL adalah sebuah kerangka best practice untuk mengelola layanan
layanan Teknologi Informasi yang terintegrasi dan berbasiskan proses, juga merupakan suatu rangkaian konsep
dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi Teknologi Informasi. Pengelolaan kapasitas
layanan dengan Framework IT-IL pada penyusunan infrastruktur Teknologi Informasi pada PT. XYZ perlu
dilakukan untuk memastikan tercapainya hasil dari perencanaan dan pelaksanaan implementasi layanan Teknologi
Informasi.
Kata kunci: kapasitas layanan, Ketersediaan Layanan, Infrastruktur Teknologi Informasi, Framework IT- IL