Pemasaran Digital dan Collaboration Branding Terhadap Peningkatan Penjualan Sepatu Lokal (Studi Kasus pada Sepatu Compass dan Aerostreet)
Abstrak
Industri fashion di Indonesia banyak mengalami perubahan tren yang sangat dinamis dalam hal ini
khususnya sepatu. Saat ini setidaknya ada ribuan merek sepatu lokal di Indonesia dan sedang
melakukan “perang” dalam perebutan pasar baik di kancah nasional maupun internasional. Perang
market sepatu tersebut bukan hanya diikuti oleh merek-merek lokal saja akan tetapi juga diikuti
oleh merek-merek internasional. Berkembangnya industri sepatu tersebut menciptakan iklim
persaingan yang sangat luar biasa dan menuntut setiap merek untuk menciptakan suatu inovasi dan
strategi bisnis yang tepat agar tetap dapat bersaing pada “perang” tersebut. Tujuan penelitian ini
untuk menganalisis hubungan sebab-akibat antara variabel independen (pemasaran digital dan
collaboration branding) dengan variabel dependen (peningkatan penjualan) pada merek sepatu
lokal. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausaleksplanatori
ditambah dengan studi literasi terhadap penelitian sebelumnya dengan jumlah
sampel sebanyak 100 responden dengan teknik non-probalility sampling berjenis purposive
sampling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pemasaran digital dan collaboration
branding mempengaruhi peningkatan penjualan secara positif dan signifikan dalam artian
pemasaran digital dan collaboration branding memberikan dampak yang bagus dalam
mempengaruhi peningkatan penjualan sepatu lokal demi pencapaian bersama yaitu
keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan atau bisnis sepatu lokal. Pada penelitian ini
disimpulkan bahwa pemasaran digital dan collaboration branding berpengaruh secara positif dan
signifikan pada peningkatan penjualan produk sepatu lokal.
Kata kunci : pemasaran digital, collaboration branding, penjualan dan sepatu lokal