Anggaran Laba Rugi : Studi Kasus Keunggulan Bisnis Keripik Singkong UMKM
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana anggaran Laba/Rugi (L/R)
mempengaruhi keunggulan kompetitif Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang
mengoperasikan industri keripik singkong. Studi kasus ini difokuskan pada UMKM yang menjual
keripik singkong yang, terlepas dari sejumlah hambatan operasional dan keuangan, telah secara
efektif memasuki pasar lokal dan regional. Analisis deskriptif dan kuantitatif digunakan sebagai
metode penelitian, dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi,
dokumentasi, dan wawancara. Temuan penelitian ini menunjukkan peran penting perencanaan dan
pengelolaan anggaran L/R yang efisien dalam meningkatkan produktivitas, profitabilitas, dan
efektivitas operasional. Selain itu, manajemen anggaran yang efektif dapat meningkatkan daya saing
melalui taktik pemasaran yang relevan dan pengembangan produk baru. Hasil penelitian ini
memberikan panduan bagi pemilik UMKM tentang cara memaksimalkan anggaran sebagai alat
strategis untuk mencapai keunggulan bisnis yang berkelanjutan.