PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP SAK DILIHAT DARI KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN PERILAKU BELAJAR
Abstrak
Di era Masyarakat Ekonomi ASEN (MEA) dan revolusi industry 4.0 menuntut lulusan yang memiliki
professional skill dan humanistic skill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa
terhadap SAK berdasarkan kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan perilaku belajar.
Data yang diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 program
studi Akuntansi Universitas Trilogi angkatan 2015 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan
metode purposive sampling dan metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM)
dengan STATA versi 13 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan intelektual dan
perilaku belajar yang diterapkan mahasiswa Universitas Trilogi berpengaruh terhadap pemahaman SAK.
Sedangkan, kecerdasan emosional mahasiswa Universitas Trilogi tidak berpengaruh terhadap pemahaman
SAK. Gaya mengajar dosen dapat memoderasi pengaruh kecerdasan intelektual dan perilaku belajar pada
tingkat pemahaman SAK, namun gaya mengajar dosen tidak dapat memoderasi pengaruh kecerdasan
emosional pada tingkat pemahaman SAK.