Pengaruh Affiliate marketing, Influencer marketing, Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Make Over

  • Femmy Wiandini Poetri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I
  • Swesti Mahardini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I
  • Malik Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Y.A.I

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Affiliate Marketing, Influencer marketing, dan
Social media marketing terhadap Keputusan Pembelian produk Make Over di wilayah DKI Jakarta.
Penelitian dilandaskan teori yang mendukung tentang Affiliate Marketing, Influencer marketing,
Social media Marketing, dan Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan data primer dengan
metode kuantitatif yang digunakan yaitu mengumpulkan data melalui kuesioner. Populasi pada
penelitian ini adalah konsumen produk Make Over. Sampel dihitung menggunakan rumus
Lemeshow, berdasarkan hasil sampel yang digunakan adalah 100 sampel. Teknik yang digunakan
adalah purposive sampling. Data diolah menggunakan aplikasi SmartPLS SEM 4.1, dihitung dengan
uji validitas dan rebilitas, uji model struktural dan inner model, serta uji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Affiliate marketing (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y). Sebaliknya, Influencer marketing (X2) dan Social media marketing (X3)
menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Implikasi dari
temuan ini adalah perusahaan perlu mengoptimalkan strategi influencer marketing dan Social media
marketing dengan memilih influencer yang relevan, meningkatkan kualitas konten, serta mendorong
interaksi yang lebih aktif dengan konsumen. Sementara itu, perlu dilakukan diversifikasi strategi
Affiliate marketing untuk meningkatkan efektivitasnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-10-27