PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey pada Mahasiswa Universitas Persada Indonesia YAI)
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membawa masyarakat ke era digital, disemua bidang kehidupan Masyarakat terpengaruh atas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut termasuk dibidang pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan besaran pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Dalam penelitian ini menggunakan teori belajar, menggunakan 2 variabel yaitu variable Gaya Belajar terhadap variable Prestasi Belajar. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif, jenis penelitian explanatory, metode penelitian menggunakan survey. Sampel dihitung dengan rumus slovin berjumlah 100 responden merupakan mahasiswa/i aktif di Universitas Persada Indonesia YAI. Hasil dari penelitian ini berdasarkan: Uji korelasi sederhana, nilai koefisien korelasi X terhadap Y sebesar 0,767 yang artinya memiliki hubungan yang kuat dan positif. Berdasarkan hasil uji T yang telah dilakukan oleh peneliti maka hasilnya adalah variabel X ke variabel Y Ha diterima, Ho ditolak, yang artinya terdapat pengetuh gaya belajar terhadap prestasi belajar.