Design Aplikasi Income Statement Berbasis Microsoft Excel untuk Onlineshop pada Jejaring Social sebagai Media Pemasaran

  • Dwi Sinta Universitas Pat Petulai, Rejang lebong, Bengkulu
  • Herawansyah Herawansyah Universitas Pat Petulai, Rejang lebong, Bengkulu

Abstrak

Menjamurnya bisnis online memberikan kemudahan bertransaksi dalam penjualan, begitu
pula beranda jejaring social facebook, media pemasaran ini menjadi solusi untuk tetap
menjalankan usaha terutama bagi para ibu rumah tangga shingga menjadi produktif tanpa harus
melepaskan perannya sebagai seorang perempuan. Dalam Strategi penjualan para pelaku
onlineshop harus mempertimbangkan kegiatan penjualan sehingga dapat memperhitungkan rugi
dan laba dalam satu periode dalam bentuk pencatatan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah membantu para pelaku onlineshop dalam pencatatan
transaksi sehingga mengetahui laba dan rugi dalam tiap periode. Metode yang digunakan dengan
pendekatan reseach and development dari Borg & Gall (1983) dengan 4 (Empat) langkah yaitu
pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk dan Uji lapangan Produk utama dengan
teknik analisa data yaitu mengkonversi data kuantitatif menjadi data kualitatif.
Berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan Skor rata-rata sebesar 4,12 untuk aspek uji
kelayakan Perangkat lunak, Aspek komunikasi Visual. Uji kelayakan pada pelaku onlineshop
dengan aspek uji kelayakan perangkat lunak, bahasa dan aspek komunikasi visual dengan Skor
rata-rata Aspek 4,14 menyimpulkan bahwa aplikasi incomes statement berbasis microsoft excle
untuk onlineshop dinyatakan layak untuk di implementasikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Menjamurnya bisnis online memberikan kemudahan bertransaksi dalam penjualan, begitu
pula beranda jejaring social facebook, media pemasaran ini menjadi solusi untuk tetap
menjalankan usaha terutama bagi para ibu rumah tangga shingga menjadi produktif tanpa harus
melepaskan perannya sebagai seorang perempuan. Dalam Strategi penjualan para pelaku
onlineshop harus mempertimbangkan kegiatan penjualan sehingga dapat memperhitungkan rugi
dan laba dalam satu periode dalam bentuk pencatatan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah membantu para pelaku onlineshop dalam pencatatan
transaksi sehingga mengetahui laba dan rugi dalam tiap periode. Metode yang digunakan dengan
pendekatan reseach and development dari Borg & Gall (1983) dengan 4 (Empat) langkah yaitu
pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk dan Uji lapangan Produk utama dengan
teknik analisa data yaitu mengkonversi data kuantitatif menjadi data kualitatif.
Berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan Skor rata-rata sebesar 4,12 untuk aspek uji
kelayakan Perangkat lunak, Aspek komunikasi Visual. Uji kelayakan pada pelaku onlineshop
dengan aspek uji kelayakan perangkat lunak, bahasa dan aspek komunikasi visual dengan Skor
rata-rata Aspek 4,14 menyimpulkan bahwa aplikasi incomes statement berbasis microsoft excle
untuk onlineshop dinyatakan layak untuk di implementasikan.

Diterbitkan
2021-11-04