Strategi Pengembangan Bisnis Pada Toko Online Mart.lo.Gue Dengan Pendekatan Businesse Model Canvas
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan binis melalui pendekatan Businesse Model
Canvas (BMC). Dengan pendekatan ini, diharapkan Toko mart.lo.gue_ menemukan strategi secara menyeluruh baik
dari segi pemasaran, sumber daya manusia, keuangan sampai dengan nilai atau produk yang ditawarkan, sehingga
Toko mart.lo.gue_ bisa menentukan arah bergerak bagi usahanya serta mengetahui keunggulan bersaing yang ada
pada bisnis yang sedang dijalankannya. Businesss Model Canvas sangat memudahkan dalam mengambil dan
melakukan keputusan serta langkah-langkah strategis untuk bisnis yang dijalani. Hasil penelitian menunjukkan
perencanaan model bisnis terbaik Toko Mart.lo.gue_, terletak pada komponen Value Proposition pada Businesss
Model Canvas adalah 1) Elemen performance = pelayanan ramah dan sopan, pelayanan cepat, rasa makanan yang
khas disukai pelanggan, 2) Elemen Customization = melayani pesanan makanan khusus (Catering), 3) Elemen price
=adanya promo harga makanan, diskon harga pengantaran, 4) Elemen accessibility delivery order. Komponen
Customer Segments adalah seluruh lapisan masyarakat di Jabodetabek (rumah tangga, perkantoran, penyedia menu
catering kantor/hajatan) karena produk Toko Mart.lo.gue tidak memakai pengawet. Komponen Revenue Streams
adalah penjualan produk baik online maupun offline Selain itu, Komponen Channel adalah The power of Word of
mouth dan Media Sosial (Instagram, Whatsapp, Web). Implementasi Toko Mart.lo.gue_, untuk mengembangkan
bisnisnya di masa yang akan datang agar meningkatkan omzet penjualan dengan cara bergabung dengan mitra
bisnis, yaitu gofood atau grabfood dan untuk menjangkau pasar yang lebih luas bergabung dengan market place
yang berdampak dengan meningkatnya keuntungan Toko Mart.lo.gue_ di masa yang akan datang.