Pengaruh Program Cashback, Diskon, Dan Metode Pembayaran Terhadap Minat Beli Konsumen Kopi Unclebrew
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program cashback, diskon, dan metode
pembayaran terhadap minat beli konsumen Kopi Unclebrew. Kopi Unclebrew merupakan salah
satu usaha kopi yang sedang berkembang dengan menawarkan berbagai promo menarik untuk
meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan infinite population dikarenakan
jumlah populasi tidak dapat diketahui secara pasti. Data penelitian ini dikumpulkan melalui
kuesioner terhadap 100 responden yang merupakan pelanggan Kopi Unclebrew di Jakarta.
Analisis data dilakukan menggunakan metode structural equation modelling (SEM) untuk menguji
hipotesis yang telah dirumuskan. Untuk mengetahui hubungan variabel yang digunakan pada
penelitian ini adalah menggunakan software statistik SmartPLS versi 4.0. Dengan menggunakan
uji validitas dan reliabilitas, uji model structural yaitu r-square dan f-square, dan uji hipotesis. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa program cashback dan diskon secara signifikan berpengaruh
positif terhadap minat beli konsumen. Selain itu, metode pembayaran juga ditemukan tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Temuan ini mengindikasikan
bahwa konsumen lebih tertarik untuk melakukan pembelian ketika mereka mendapatkan
keuntungan tambahan seperti cashback dan diskon, serta kemudahan dalam metode pembayaran.
Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pengelola Kopi Unclebrew dalam merancang
strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menarik minat beli konsumen, serta memberikan
wawasan akademis mengenai perilaku konsumen dalam konteks promosi dan pembayaran.