Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs Belanja Online Lazada
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian produk fashion pada situs belanja online Lazada. Populasi dalam penelitian ini
adalah warga Kelurahan Jati, Jakarta Timur yang pernah melakukan pembelian di situs
belanja online Lazada dengan minimal satu kali transaksi pada kategori fashion. Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 106 orang. Metode pengambilan
sampel menggunakan pendekatan nonprobability sampling dengan teknik purposive
sampling yang merupakan pengambilan sampel yang dapat memberikan informasi yang
diinginkan, baik karena mereka sesuai dengan beberapa kriteria yang ditetapkan oleh
peneliti. Dalam pengolahan data, peneliti menggunakan SPSS ver.025. Hasil analisa
diperoleh bahwa Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
produk fashion di situs belanja online Lazada. Online Customer Review berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion di situs belanja online
Lazada. E-Trust berpengaruh positif dan signifikan teradap keputusan pembelian produk
fashion di situs belanja online Lazada. Iklan, Online Customer Review, dan E-Trust secara
bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk
fashion di situs belanja online Lazada. Adapun kontribusi ketiga variabel bebas terhadap
variabel terikat adalah sebesar 64,8%. Sedangkan sisanya 35,2% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti variabel kualitas pelayanan dan promosi.