Pengaruh Media Iklan, Harga, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Pengunjung Di Jencia Park Tambun Bekasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media iklan, harga dan
fasilitas terhadap kepuasan konsumen yang berdampak pada loyalitas pengunjung di Jencia Park
Tambun Bekasi. Penelitian ini menggunakan strategi asosiatif. Metode yang digunakan adalah
metode survey. Sampel dalam penelitian sebanyak 97 responden. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel media iklan (X1) berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) sebesar 0,243. Secara parsial, variabel harga (X2)
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) sebesar 0,217. Secara parsial, variabel
fasilitas (X3) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) sebesar 0,259. Secara
parsial, variabel media iklan (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung (Y2)
sebesar 0,256. Secara parsial, variabel harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
pengunjung (Y2) sebesar 0,232. Secara parsial, variabel fasilitas (X3) berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pengunjung (Y2) sebesar 0,246. Secara parsial, variabel kepuasan konsumen
(Y1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pengunjung (Y2) sebesar 0, 264. Secara
gabungan/simultan, variabel media iklan (X1), harga (X2), dan fasilitas (X3) berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) sebesar 0,283 atau 28,3%. Secara
gabungan/simultan, variabel media iklan (X1), harga (X2), dan fasilitas (X3) berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas pengunjung (Y2) sebesar 0,518 atau 51,8%.