Pengaruh Manajemen Laba Dan Asimetri Informasi Terhadap Cost Of Equity Pada Perusahaan Consumer Goods
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba dan asimteri
informasi terhadap cost of equity. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data sekunder dan
dengan metode pengambilan sampel berupa purposive sampling diperoleh 100 perusahaan
consumer goods yang terdaftar di BEI dari tahun 2015-2019 sebagai sampel. Pengolahan analisa
data menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen laba
dan asimetri informasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity.
Demikian juga secara bersama-sama menunjukkan bahwa manajemen laba dan asimetri informasi
tidak berpengaruh signifikan terhadap cost of equity. Diharapkan dengan adanya penelitian ini
dapat memberikan informasi kepada pemegang saham mengenai pentingnya melakukan
pengamatan yang lebih terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan agar tidak salah dalam
pengambilan keputusan berinvestasi.