Analisis Strategi Pemasaran Jasa Perbaikan dan Instalasi AC Mobil dengan Menggunakan Metode Malcolm Baldrige pada PT Mitra Enviro Nusantara
Abstract
Perkembangan industri otomotif komponen kian hari kian meningkat, seiring dengan
meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi. PT Mitra Enviro Nusantara
merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perawatan, perbaikan dan
instalasi AC mobil. Tujuan penelitian ini untuk meneliti seberapa efektif pelaksanaan strategi
Pemasaran Jasa Perbaikan dan Instalasi AC Mobil yang telah di lakukan PT Mitra Enviro
Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode Malcolm Baldrige dengan tujuh kriteria yaitu
Kepemimpinan, Strategi, Pelanggan, PAMP (Pengukuran, Analisis, dan Manajemen
Pengetahuan), Tenaga Kerja, Operasional dan Hasil pada kekuatan dan kelemahan perusahaan,
sedangkan peluang dan ancaman perusahaan diperoleh berdasarkan analisis eksternal
perusahaan. Evaluasi faktor internal dan eksternal selanjutnyadipetakan dalam matriks IFEEFE, dan kemudian dilanjutkan dengan analisis SWOT untuk membangkitkan alternatif strategi
bersaing dan tercapaian Strategi Pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil scoring
dengan menggunakan metode Malcolm Baldrige adalah sebesar 635,38 atau 64% dari skor
maksimal 1000 point, maka PT Mitra Enviro Nusantara berada pada katagori Emerging
Industry leader. Dari hasil pencapaian tiap item kriteria berdasarkan metode Malcolm Balridge
pada perusahaan maka terdapat 4 atribut sebagai elemen kekuatan dan 3 atribut sebagai elemen
kelemahan perusahaan. Selanjutnya berdasarkan hasil evaluasi faktor eksternal perusahaan
terdapat 3 atribut sebagai elemen peluang dan 3 atribut sebagai elemen ancaman yang dihadapi
perusahaan. Pemetaan matriks IFE-EFE yang dilanjutkan analisis SWOT menghasilkan 8
(delapan) alternatif strategi yang dapat di jalankan agar bias membangun keunggulan kompetitif
dan kemajuan PT Mitra Enviro Nusantara