UMKM Go-Digital sebagai Adaptasi dan Inovasi Pemasaran Arkha Minoritas pada Pandemi COVID-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
khususnya usaha kecil konveksi tas Arkha Minoritas yang terdampak pandemi Covid-19 bisa
bertahan, beradaptasi dan berinovasi untuk akselerasi penjualan melalui UMKM Go Digital
dengan peralihan penjualan secara langsung menjadi melalui platform digital e-commerce.
Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kunci penting untuk membuat UMKM bisa bertahan
serta memperluas skala bisnis dan pasar. Metode pelaksanaan berupa pemilihan UMKM,
observasi secara langsung, studi pustaka, penngumpulan data (data primer dan data sekunder),
pengolahan data, Pembuatan e-commerce dan pengambilan kesimpulan. Dengan adanya merek,
logo, akun google, facebook, instagram, e-commerce Shopee yang telah dibuat, diharapkan
Arkha Minoritas dapat mengambil keuntungan berupa adalah kenyamanan, hemat waktu,
membuat banyak pilihan produk, kemudahan untuk membandingkan, kemudahan untuk
menemukan ulasan, memberikan kupon dan penawaran, meningkatkan basis pelanggan, adanya
kenaikan penjualan selama 24 jam, memperluas jangkauan bisnis, pembayaran berulang dapat
dibuat dengan mudah, melakukan transaksi instan.