Pembangunan Dan Pelatihan Website Toko Online Untuk Mendukung Pemasaran Dan Promosi Umkm Yogyakarta

  • Y Priadi Wibisono
  • D Yudistya Wardhana

Abstrak

Perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Daerah Istimewa
Yogyakarta terus mengalami peningkatan setiap tahun. Data statistik Bappeda DIY
menunjukkan peningkatan jumlah UMKM di Yogyakarta dari tahun ke tahun mulai tahun
2015 sebanyak 230.047 UMKM menjadi 262.560 pada tahun 2019. Di tengah
berkembangnya UMKM di Yogyakarta yang menjanjikan ini, ternyata belum banyak
pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pemasaran, dan
promosi. Keterbatasan pengetahuan akan teknologi informasi dalam memanfaatkan
website sebagai toko online inilah sehingga konsep pengabdian pada masyarakat ini
disusun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini menyasar UMKM dengan sampel beberapa
mitra, yaitu UMKM Hobi Sulam kerajinan sulam Jatimulyo Baru, Rumi Batik di
Resonegaran dan Kado Karikatur Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan dalam jangka
waktu empat bulan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada
UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk memasarkan dan
mempromosikan produknya. Teknologi informasi yang akan digunakan adalah sistem
informasi website. Diharapkan dengan pemasaran dan promosi menggunakan media
website sebagai toko online dapat meningkatkan daya saing dalam mempromosikan
produk dan penjualan para pelaku UMKM.

Diterbitkan
2020-11-08