Social Media Marketing Sebagai Sarana Peningkatan Kualitas Pemasaran Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru Yogyakarta

  • Clara Hetty Primasari
  • Yohanes Priadi Wibisono
  • Thomas Quincy Padawangi

Abstrak

Pemasaran dengan media sosial menawarkan sejumlah manfaat, seperti efisiensi,
kenyamanan, informasi yang lebih kaya, pilihan produk yang lebih luas, harga kompetitif,
pengurangan biaya, dan keragaman produk. Selain itu, konsumen dapat berkomunikasi lebih
proaktif dengan penjual terkait dengan produk yang mereka minati. Meskipun mudah diakses,
belum semua pelaku usaha sadar dan memanfaatkan potensi besar pemasaran dengan media
sosial. Hal ini dipengaruhi salah satunya oleh generasi pengakses media sosial. Saat ini, terdapat
74 anggota Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru. Dari 74 pelaku UMKM yang ada
saat ini, mayoritas didominasi oleh masyarakat pada generasi baby boomer dan X. Berdasarkan
diskusi yang telah dilaksanakan pada Acara Temu Kenal UMKM Kotabaru dan Bazaar UMKM
Kotabaru, diperoleh fakta bahwa masih sedikit pelaku UMKM yang menggunakan media sosial
sebagai sarana pemasaran. Berangkat dari kepedulian pada permasalahan pemasaran ini, Tim
Pengabdian UAJY bermaksud untuk melanjutkan kegiatan pengabdian sebelumnya yaitu
Pembuatan Katalog Fisik dan Digital, dengan menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada
Masyarakat untuk memperkenalkan, mensosialisasikan, melatih, dan mengawali pemasaran
secara online dengan media sosial kepada Komunitas UMKM Paroki St. Antonius Kotabaru
Yogyakarta. Dengan adanya pemasaran melalui media sosial, diharapkan kualitas pemasaran dari
pelaku UMKM dapat meningkat, baik secara ragam dan kualitas iklan yang ditampilkan
maupun secara jangkauan. Dengan meningkatnya kualitas pemasaran, diharapkan pula dapat
meningkatkan omset UMKM.

Diterbitkan
2020-11-08