Pendampingan Literasi Digital Dan Informasi Di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) PERIGI Kota Depok
Abstrak
Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi suatu
daerah adalah dengan adanya Taman Bacaan Masyarakat (TBM). TBM Perigi adalah taman baca
yang digagas oleh karang taruna RW Desa Kedaung dengan keasadaran akan pentingnya suatu
wadah yang bisa menjadi bahan rekreatif dan juga pengembangan membaca masyarakat terutama
untuk anak-anak, dengan dukungan pemerintah setempat TBM ini bisa berdiri selama kurang lebih
selama 10 (sepuluh) tahun. Berdasarkan pengamatan tim, permasalahan yang ada pada Taman
Bacaan Masyarakat Perigi ini diantaranya adalah kurangnya pemahaman pengurus TBM terkait
dengan pengelolaan Informasi, belum adanya tatanan manajerial informasi, dan kurangnya
penerapan literasi informasi dan digital baik dari pengelola maupun masyarakat dalam
pendistribusian informasi, terutama untuk anak-anak dan remaja sebagai mayoritas pengguna
TBM. Solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan persoalan tersebut dengan diadakannya
kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan metode pendampingan dan diskusi dengan
pembahasan berupa penerapan literasi informasi dan digital, pengelolaan bahan pustaka taman
bacaan, dan startegi media sosial taman bacaan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan pengelola taman bacaan masyrakat (TBM) Perigi. Hasil yang
didapatkan yaitu adanya pengembangan pengetahuan dan mulai tumbuhnya kesadaran pengurus
untuk terus meningkatkan kegiatan literasi di TBM sekaligus mampu untuk meningkatkan
pengelolaan media sosial yang baik agar meningkatkan ketertarikan dari masyarakat disekitarnya.
One effort that can be made to improve the literacy skills of an area is the existence of a
Community Reading Garden (TBM). TBM Perigi is a reading park initiated by the Kedaung Village RW
youth group with awareness of the importance of a place that can be used as a recreational resource and also
to develop community reading, especially for children. With the support of the local government, this TBM
can be established for approximately 10 (ten) ) year. Based on the team's observations, the problems at the
Perigi Community Reading Park include a lack of understanding by TBM administrators regarding
information management, the absence of an information managerial structure, and a lack of application of
information and digital literacy from both managers and the community in distributing information,
especially for children. children and teenagers are the majority of TBM users. The solution offered to
resolve this problem is by holding community service activities using mentoring and discussion methods
with discussions in the form of implementing information and digital literacy, managing reading park
library materials, and social media strategies for community reading parks. This service activity aims to
improve the ability of the management of the Perigi Community Reading Park (TBM). The results obtained
are the development of knowledge and the management's awareness is beginning to grow to continue to
improve literacy activities at TBM as well as being able to improve good social media management in order
to increase interest from the surrounding community