Edukasi dan Pelatihan Digital Marketing dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan pada Pelaku UMKM Jakarta Timur
Abstrak
Bisnis digital merupakan keniscayaan dalam era revolusi industri 4.0 atau society 5.0 saat
ini. Era ini menyebabkan perubahan kecepatan, kompleksitas dan transformasi yang meningkatkan
hubungan antara manusia dan dunia bisnis menjadi eksponensial, antara lain dalam memberikan
kepuasan kepada pelanggan dengan memanfaatkan digital marketing. UMKM masih menghadapi
tantangan dalam mengembangkan bisnis mereka. Salah satu faktor penyebabnya adalah keterbatasan
dalam mengakses pasar yang lebih luas. Transformasi digital akan sangat mengakselerasi industri
yang tumbuh sebagaimana UMKM, antara lain dalam memperluas akses pasar, meningkatkan
penjualan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan memanfaatkan digital marketing.
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal yang esensial bagi sebuah perusahaan dalam
mempertahankan pelanggan (Darzi and Bhat, 2018). Tujuan dari kegiatan PKM ini yaitu
memberikan edukasi literasi kepuasan pelanggan di era digital dan pelatihan digital marketing pada
UMKM agar dapat memanfaatkan teknologi digital secara baik untuk meningkatkan penjualan dan
kepuasan pelanggan dalam rangka mencapai tujuan bisnis mereka sehingga UMKM dapat lebih
mandiri dan mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif, serta dapat berkontribusi pada
perkembangan ekonomi.
Digital business is a necessity in the era of the industrial revolution 4.0 or today's society 5.0. This era
causes changes in speed, complexity and transformation that increase the relationship between humans and
the business world exponentially, including in providing satisfaction to customers by utilizing digital
marketing. UMKM still face challenges in developing their business. One of the contributing factors is
limitations in accessing a wider market. Digital transformation will greatly accelerate industries that grow
as MSMEs, including expanding market access, increasing sales and providing customer satisfaction by
utilizing digital marketing. Customer satisfaction is one of the essential things for a company to retain
customers (Darzi and Bhat, 2018). The purpose of this PKM activity is to provide literacy education on
customer satisfaction in the digital era and digital marketing training for UMKM so that they can make good
use of digital technology to increase sales and customer satisfaction in order to achieve their business goals
so that UMKM can be more independent and able to compete in a competitive market. more competitive, and
can contribute to economic development.