SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN TENUNAN DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENJUALAN TENUNAN DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR

  • Natalia Magdalena R. Mamulak

Abstrak

ABSTRAK
Usaha Kecil Menengah (UKM) Tenun Ikat yang berada di Kota Kupang, sebagian besar
masih menenun secara tradisional yaitu menenun dengan tangan tanpa menggunakan mesin dan
untuk pewarnaan memanfaatkan bahan-bahan alam. UKM ini setiap hari mampu menjual
sebanyak 20-30 helai kain, berupa: selendang, sarung dan selimut, tas, sepatu, dompet, pakaian
jadi, berbagai jenis aksesoris berbahan dasar tenunan dan souvenir khas NTT. Media penjualan
yang digunakan selain toko, juga menggunakan media sosial yaitu Instagram dan Facebook.
Penjualan telah memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram sangat
membantu, namun informasi yang diberikan masih terbatas dan kelemahan manajemen penjualan
dan keuangan dimana manajemen penjualan dan keuangan belum terdokumentasi dengan baik
masih menggunakan pencatatan manual sehingga rekapan penjualan dan aliran keuangan sering
terjadi kesalahan. Untuk itu diperlukan pengembangan dan pelatihan sistem informasi manajemen
keuangan, sehingga meminimalisir kesalahan dalam mengelola keuangan.

Diterbitkan
2018-11-16