Strategi Marketing Politik dan Personal Branding Prabowo Subianto dalam Pemilu Presiden 2024

  • Ilham Kurniawan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstrak

Dalam sebuah negara demokrasi menghendaki pemilihan yang secara langsung dipilih
oleh rakyat dan atas kepentingan rakyat banyak sehingga calon presiden atau calon kepala
daerah diharuskan memiliki kemampuan menarik simpati pemilih salah satunya dengan
pengunaan strategi marketing dan personal branding melalui Media Sosial, Personal
Branding yang dimiliki pasangan Prabowo Subianto tinggi elektabilitas dibandingkan
pasangan lainnya hal ini dikarenakan kualitas pribadi dan nilai yang dimiliki mampu
menciptakan respon emosional pendukungnya ditambah dengan Strategi Marketing
Politik “ Gemoy “ dan Animasi AI di Media Sosial. Penelitan ini bertujuan mengetahui
strategi marketing politik dan Personal Branding yang dilakukan calon presiden Prabowo
Subianto dalam memenangkan kontestasi pada Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan
Penelitian Analisis isi Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing
Politik dan Personal Branding Capres Prabowo Subianto melalui Media Sosial “ Gemoy “
dan Animasi AI sangat efektif dalam mempengaruhi Pilihan Masyarakat.

Diterbitkan
2024-04-02