Representasi Kurir Narkoba Dalam Film Jakarta Vs Everybody
Analisis Semiotika John Fiske
Abstrak
Film bisa dibilang yaitu adalah sebuah karya menghasilkan sebuah audiovisual atau suara dan gambar yang dimana terkandung pesan-pesan yang ingin disampaikan.Dalam suatu film terdapat adegan yang dapat dilihat atau disaksikan.Hal seperti kekerasan,gerakan,aksi,pornografi,atau hal-hal mistis yang dapat menyesatkan atau membawa pengaruh dengan kepercayaan seseorang. Namun gambaran dari kenyataan atau realita yang berada disekitar masyarakat yakni sebagai kurir narkoba. Gambaran kurir narkoba ini tergambar cukup jelas dalam film-film yang sudah beredar di masyarakat. Dalam penelitian ini,peneliti ingin mengetahui bagaimanakah representasi kurir narkoba dalam film Jakarta vs Everybody. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Aksi dari Talcott Parsons dan beberapa konsep yang terkait dengan penelitian ini,seperti konsep komunikasi,komunikasi massa,media massa, semiotika John Fiske,film,representasi,narkoba dan kurir narkoba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif,jenis penelitian deskriptif dan menggunakan metode semiotika John Fiske. Teknik pengumpulan data berupa observasi,dokumentasi,dan studi pustaka serta untuk keabsahan data menggunakan trigulasi teori dan metode. Dari hasil analisis disini menunjukan bahwa terdapat 10 scene yang menunjukkan adanya tanda dari aksi kurir narkoba yang terdapat di film Jakarta vs Everybody yang seperti Gerakan dan Kostum. Kesimpulan dari penelitian ini ialah terdapat tanda level realitas menggambarkan makna sebenarnya pada film Jakarta vs Everybody dapat diliat dengan gambaran potret realitas sekitar masyarakat yaitu maraknya kurir narkoba,tanda level representasi dalam film ini merupakan pengambilan gambar dari angle kamera yang menunjukan tanda dari film Jakarta vs Everybody,makna Level Ideologi bisa dilihat dari kebebasan seorang Dom yang dimana ia sangat bebas untuk menjadi kurir narkoba.