STUDI KOMPARASI UNITY3D DAN UNREAL 3D BERDASARKAN KUALITAS PERANGKAT LUNAK MODEL ISO 9126

  • Yudi Widhiyasana

Abstrak

Pada setiap proses pengembangan perangkat lunak dipastikan ada tahapan implementasi. Proses implementasi biasanya menggunakan alat bantu berupa perangkat lunak lain yang spesifik. Pengembangan perangkat lunak berupa game biasanya menggunakan 3D engine. Pada saat ini 3D engine yang banyak digunakan adalah Unity3D dan Unreal Engine. Studi komparasi pada 3D engine ini akan melihat kualitasnya sebagai perangkat lunak. Tolak ukur kualitas perangkat lunak yang digunakan adalah ISO 9126, yang dibuat oleh International Organization for Standarization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC). ISO 9126 mendefinisikan kualitas produk perangkat lunak, model, karakteristik mutu, dan metrik terkait yang digunakan untuk mengevaluasi dan menetapkan kualitas sebuah produk software.

Diterbitkan
2018-11-16