Hasil Belajar Mata Kuliah Apresiasi Menghias Kain Pada Pembelajaran Daring
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran daring pada hasil belajar
mata kuliah praktek Apresiasi Menghias Kain di program studi Pendidikan Tata Busana di
Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian kualitatif deskriptif pendekatan survei, fokus
pada pembelajaran efektif, inovatif, mudah diikuti, keterlibatan mahasiswa, serta teknologi
dan jaringan dalam pembelajaran daring. sampel sebanyak 85 mahasiswa dari angkatan
2019 dan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring masuk kedalam
kategori Baik dengan persentase sebesar 69,4%, sedangkan hasil belajar mahasiswa yang
didapatkan sebesar 58,8% mendapatkan hasil Sangat Baik. Adapun aspek yang paling baik
dalam proses pembelajaran daring ini adalah aspek Inovatif dengan persentase sebesar
60%. Berdasarkan presentase tersebut menunjukkan pembelajaran daring pada mata kuliah
praktek Apresiasi Menghias Kain berhasil terlaksana dengan baik