Pengaruh Regulasi Emosi dan Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Dengan Konformitas Sebagai Mediator
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi emosi dan kontrol diri terhadap kecenderungan
perilaku cyberbullying dengan konformitas sebagai mediator pada remaja akhir pengguna media sosial Tik-tok di
Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi remaja akhir pengguna media sosial Tiktok
Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa paket dari Yayasan Al-Hazen. Metode pengumpulan
data menggunakan skala cyberbullying, konformitas, regulasi emosi dan kontrol diri. Sistem pengambilan data
menggunakan teknik dan pengumpulan data dilakukan menggunakan google form. Berdasarkan hasil penelitian
Ha1 yang diajukan diterima, yaitu terdapat pengaruh positif yang signifikan antara konformitas terhadap perilaku
cyberbullying. Uji Ha2 yang diajukan diterima, yaitu terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara regulasi
emosi terhadap perilaku cyberbullying. Uji Ha3 yang diajukan diterima, yaitu terdapat pengaruh negatif antara
kontrol diri terhadap perilaku cyeberbullying. Uji Ha4 yang diajukan diterima, yaitu terdapat pengaruh positif
antara regulasi emosi dengan konformitas sebagai mediator. Uji Ha5 yang diajukan diterima, yaitu terdapat
pengaruh antara kontrol diri terhadap konformitas sebagai mediator. Uji Ha6 yang diajukan diterima, terdapat
pengaruh negatif regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying dengan konformitas sebagai mediator. Uji Ha7
yang diajukan diterima yaitu terdapat pengaruh negatif antara kontrol diri terhadap perilaku cyberbullying dengan
konformitas sebagai mediator. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa nilai signifikan, artinya regulasi emosi
dan kontrol diri memiliki pengaruh terhadap perilaku cyberbullying dengan konformitas sebagai variabel
mediator.
Kata kunci:,,,