Strategi Peningkatan Brand Awareness Program Bank Sampah Pada Masyarakat di Sekitar Sungai Ciliwung
Abstrak
Pengelolaan sampah di Indonesia khususnya di Jakarta masih banyak menghadapi berbagai
hambaran selain fasilitas tentunya sistem yang kurang efektif. Masyarakat pun memiliki literasinya
yang minim mengenai pemilahan dan pengolahan sampah. Salah satu komunitas peduli sampah
yaitu komunita Mat Peci mencoba menginisiasi sebuah program bank sampah dimana masyarakat
sekitar bantaran sungai Ciliwung diajarkan untuk mengumpulkan sampah, memilah sampah dan
mendaur ulang sampah menjadi produk yang memiliki nilai tinggi. Namun program ini belum
banyak menyentuh masyarakat sekitar bantaran sungai Ciliwung sehingga masih banyak sampah
yang menumpuk disekitar Sungai Ciliwung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
brand awareness yang digunakan oleh komunitas Mat Peci dalam mensosialisasikan bank sampah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan struktur semi wawancara dan observasi partisipan
pasif serta tinjauan pustaka. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel teknik snowball
sampling dan grand theory pengembangan brand awareness Penelitian ini dilakukan di Komunitas
Mat Peci, Srengseng, Jakarta Selatan Hasil dari penelitian ini adalah bahwa komunitas mat peci
menggunakan the pencil strategy yaitu publikasi, membuat event, membuat berita
memberdayakan komunitas, menginformasikan komunitas mat peci melalui media sosial, lobby
dan negosiasi untuk Kerjasama dengan berbagai pihak swasta maupun pemerintah serta
bekerjasama untuk melaksanakan CSR dengan target audiens Masyarakat sekitar bantaran Sungai
mengenai pemilahan dan pengolahan sampah.