Implementasi Cyber Public Relations Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat Dalam Meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik
Abstrak
Maraknya penggunaan media digital dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta
Barat untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan menjelaskan implementasi Cyber Public Relations oleh Pemerintah Kota
Administrasi Jakarta Barat dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik. Penelitian ini
menggunakan New Media Theory dan Media Richness Theory. Metodologi yang digunakan
dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, studi kepustakaan,
dokumentasi, dan internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Cyber Public
Relations yang dilakukan oleh pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat dalam meningkatkan
keterbukaan informasi publik menggunakan media digital yaitu website, media sosial, dan email,
serta website BATIK yang menyediakan WhatsApp Call Center serta jika ditinjau dari empat
karakteristik Cyber Public Relations dari Shel Holtz yaitu strategic, integrated, targeted, dan
measureable sudah berjalan dengan baik dan media digital yang memiliki tingkat interaktif tinggi
adalah media sosial.