Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja

  • Ade Ayu Oktaviani Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Siti Komsiah Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Syaifuddin Syaifuddin Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Kata Kunci: TikTok Shop, Consumptive Behavior, Uses and Gratification

Abstrak

Manusia memiliki beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menjalani kehidupan, tetapi dengan
adanya kemajuan teknologi, komunikasi, dan industri membuat sistem berbelanja saat ini lebih mudah
diakses dan dijangkau yaitu berbelanja melalui media sosial, Tiktok Shop membantu pengguna dalam
menjual dan membeli produk dari aplikasi Tiktok, namun seiring waktu kebutuhan manusia terhadap barang
dan jasa akan mengalami perubahan, perubahan tersebut diakibatkan oleh sifat dari manusia akan
ketidakpuasan dengan apa yang diperoleh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah
pengaruh konten dalam fitur TikTok Shop terhadap perilaku konsumtif belanja online.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah uses and gratification theory yang berfokus kepada
audiens saat memutuskan penggunakan media yang dilandasi oleh motif dan ketertarikan untuk memenuhi
kebutuhan dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian eksplanatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode survei dengan cara membagikan
kuesioner berbentuk google form kepada 89 responden remaja kelurahan cipinang melayu RT.05
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konten memiliki korelasi yang cukup berarti terhadap
perilaku konsumtif, dan berpengaruh sebesar 24.4% terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan sisanya yaitu
sebesar 75.6% dipengaruhi oleh variabel variabel lain diluar penelitian ini. Selain itu uses and gratification
theory pun turut mendukung hasil penelitian ini karena remaja kelurahan cipinang melayu RT 05 dapat
dikatakan aktif, karena sudah memilih dan menggunakan TikTok Shop untuk memenuhi kebutuhan yang
dicari dengan cara berbelanja online.

Diterbitkan
2022-11-01