STRATEGI BRANDING ECO GREEN CAMPAIGN KOMUNITAS MAT PECI UNTUK MEWUJUDKAN WISATA ALAM DENGAN KEARIFAN LOKAL

  • Nada Arina Romli Universitas Negeri jakarta
  • Dini Safitri Universitas Negeri jakarta
  • Prima Yustitia Nurul Islami Universitas Negeri jakarta
Kata Kunci: Strategy, Branding, Mat Peci, Eco-Green, Campaign

Abstrak

Sungai Ciliwung merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar DAS (Daerah Aliran
Sungai) yang berada di wilayah Jakarta, Bogor serta Bekasi. Tetapi saar ini telah terjadi kerusakan
ekosistem yang luar biasa di Ciliwung dan sebagian besar terjadi disebabkan oleh ulah manusia.
Beberapa kerusakan ekosistem sungai Ciliwung antara lain pencemaran sampah baik itu karena
limbah industry maupun limbah rumah tangga akibat, alih fungsi lahan dari hulu hingga hilir,
pengambilan paksa daerah sempadan sungai untuk dijadikan perumahan, hotel, villa, pabrik
maupun pusat perbelanjaan maupun perkantoran. Komunitas Mat Peci adalah komunitas peduli
sunga ciliwung yang memiliki tujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya pelestarian
sungai Ciliwung untuk menjaga ekosistem alam.
Penelitian ini, bertujuan untuk untuk menelaah lebih mendalam (1) untuk mengetahui
tahap persiapan dalam membuat Strategi Branding Eco Green campaign untuk mewujudkan
wisata alam dengan kearifan local, (2) untuk mengetahui tahap implementasi dan promosi dalam
membuat Strategi Branding Eco Green campaign untuk mewujudkan wisata alam dengan kearifan
local dan (3) untuk mengetahui tahap evaluasi dalam membuat Strategi Branding Eco Green
campaign untuk mewujudkan wisata alam dengan kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara semi stuktur dan observasi partisipan pasif serta kajian pustaka. Teknik
sampling menggunakan teknik snowball sampling serta grand theory yang digunakan yaitu teori
konstruksi sosial atas realitas. Peneltian ini dilakukan pada Komunitas Mat Peci, Srengseng Jakarta
Selatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunitas yang diusung oleh komunitas
Mat Peci senada dengan penjelasan diatas adalah pengembangan komunitas berbasis kemandirian
dan partisipatif. Terdapat tiga strategi pengembangan komunitas yang diusung yaitu pelestarian
lingkungan (Environment), memberikan pendidikan mengenai pelestarian sungai (Education), dan
pemberdayaan mandiri warga sekitar daerah aliran sungai ciliwung (empowerment). Komunikasi
dialogis yang dilakukan oleh komunitas Mat Peci adalah konsep kolaboratif yaitu membangun
interaksi antara warga, komunitas Mat peci dan juga organisasi, perusahaan atau lembaga lainnya
dengan membangun sarana, prasarana ataupun melaksanakan kegiatan yang memberikan ilmu
serta manfaat baik secara pengetahuan maupun ekonomi sehingga tercipta modal sosial yaitu
kemandirian warga secara ekonomi, dimana warga dapat memanfaatkan sarana-prasarana untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya atau menjadikan warna untuk menjadikan pelestarian sungai dan
mendaur ulang sampah sebagai sumber mata pencaharian.

Diterbitkan
2022-11-01