HUBUNGAN LOKUS KENDALI INTERNAL DAN PERSEPSI POLA ASUH OTORITER DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA X
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara lokus kendali internal dan persepsi pola
asuh otoriter dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA X. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah proportional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 244 siswa. Hasil
analisa menggunakan metode bivariate correlation menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif
yang signifikan antara lokus kendali internal dan prokrastinasi akademik (r = -0,356) hal ini
menunjukkan bahwa semakin baik lokus kendali internal maka semakin rendah prokrastinasi
akademik, selanjutnya hubungan positif yang signifikan antara persepsi pola asuh otoriter dengan
prokrastinasi akademik (r = 0,577) hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah persepsi pola asuh
otoriter maka semakin rendah prokrastinasi akademik. Selanjutnya, hasil uji multivariate correlation
pada hubungan antara lokus kendali internal dan persepsi pola asuh otoriter dengan prokrastinasi
akademik menghasilkan koefisien r = 0,619 dan r2 = 0,383, p = < 0,05. Lokus kendali internal
memberikan kontribusi sebesar 4,2% dan persepsi pola asuh otoriter memberikan kontribusi sebesar
57,7% terhadap prokrastinasi akademik. Terakhir, berdasarkan hasil dari hasil kategorisasi data
siswa di SMA X memiliki prokrastinasi akademik pada kategori rendah, lokus kendali internal pada
kategori tinggi, dan persepsi pola asuh otoriter pada kategori rendah