Kegiatan Pembersihan Lingkungan dan Pengecatan Pagar di SD Negeri Dirgantara
Abstrak
ABSTRAK
Latar belakang berdasarkan survey yang telah kami lakukan, kami menemukan bahwa terdapat sekolah dasar dengan kondisi yang kurang baik, yaitu SD Negeri Dirgantara. Apabila dibanding kan dengan kondisi sekolah disekitar, SD Negeri Dirgantara memiliki kondisi yang kurang baik, seperti warna pagar dan dinding yang sudah pudar dan juga kusam, halaman yang kurang terawat, juga ruang kelas yang kurang rapi. Melihat kondisi tersebut, kami tergerak untuk melakukan kontribusi sosial di SD Negeri Dirgantara
dengan melakukan kegiatan pembersihan lingkungan dan pengecatan pagar. Tujuan dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 Universitas Esa Unggul dalam program merdeka belajar kampus merdeka. Metode yang dilakukan kegiatan ini dengan melalui 4 tahap yaitu Survei Lokasi, Survei barang dan harga, Tahap Pelaksanaan, Tahap Evaluasi. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat menghidupkan kembali kondisi lingkungan sekolah dan siswa dapat belajar dengan lebih nyaman. Hasil dari kontribusi sosial ini mulai dari warna pagar dan dinding yang sudah pudar dan juga kusam, halaman
yang kurang terawat, juga ruang kelas yang kurang rapi kini sudah tertata dan sudah terlihat dikalangan masyarakat sekitar seperti pagar yang sudah berwarna merah putih, pekarangan bersih, kelas yang sudah rapi. Kesimpulan dengan adanya kontribusi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa program PMM Batch 2 Universitas Esa Unggul, dapat mengajarkan mahasiswa tentang rasa peduli terhadap sekitar.
ABSTRACT
Background based on a survey that we have conducted, we found that there is an elementary school with poor conditions, namely SD Negeri Dirgantara. When compared to the condition of the surrounding schools, SD Negeri Dirgantara has poor conditions, such as the color of the fence and walls that have faded and are also dull, the yard is poorly maintained, as well as classrooms that are not neat. Seeing these conditions, we
were moved to make a sosial contribution at SD Negeri Dirgantara by carrying out environmental cleaning activities and painting fences. The purpose of the Independent Student Exchange program Batch 2 of Esa Unggul University in the independent learning program of the independent campus. The method carried out this activity is through 4 stages, namely Location Survey, Survey of goods and prices, Implementation Stage, Evaluation Stage. It is hoped that with this activity, we can revive the conditions of the school environment and students can learn more comfortably. The results of this sosial contribution start from the color of the fence and walls that have faded and are also dull,