Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) di Universitas Esa Unggul
Abstrak
Universitas Esa Unggul menjadi salah satu perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan e-learning. Namun dalam penggunaannya, berdasarkan hasil kuesioner pra-penelitian, mahasiswa kerap mendapati kendala, seperti terjadinya gagal login, error saat submit tugas, loading time lama, error saat mengerjakan quiz , server down. Setelah e-learning, mengetahui keberhasilan dari implementasi sistem tersebut menjadi hal penting bagi Universitas Esa Unggul. Salah satu faktor suatu sistem dapat dikatakan berhasil, dapat dilihat dari kepuasan pengguna akhirnya. Peneliti menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS), yang memiliki lima dimensi dalam mengukur kepuasan pengguna akhir yaitu content, format, timeliness, ease of use, dan accuracy. Sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa aktif yang menggunkan e-learning menjadi sampel penelitian ini. Peneliti melakukan analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software aplikasi SmartPLS 4.0. Berdasarkan hasil penelitian ini, dari kelima hipotesis terdapat dua hipotesis ditolak dengan nilai t-test dibawah ambang batas (1,96) dan tiga hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan variabel content, accuracy tidak memberikan pengaruh yang signifikan, dan variabel format, ease of use, timeliness memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna e-learning Universitas Esa Unggul.
Kata kunci :