Penerapan Electronic Road Pricing (ERP) Di Jalan Matraman, DKI Jakarta

  • Nabila Aizana Putri Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • FITRI SURYANI Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Kinerja Lalu Lintas, Jalan Berbayar Elektronik, Peluang Perpindahan,Derajat Kejenuhan,Regresi Logistik Biner

Abstract

Provinsi DKI Jakarta merupakan provinsi dengan kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia
dengan populasi 10.609.681 jiwa pada tahun 2021,dengan jumlah kendaraan bermotor menurut jenis
kendaraan(unit) di DKI Jakarta dengan total 20.221.821 pada indeks tahun 2021 (BPSP DKI Jakarta) .
Kepadatan penduduk yang tinggi di Provinsi DKI Jakarta mengakibatkan perpindahan masyarakat dan
aktivitas meningkat, namun belum didukung dengan kapasitas jalan yang cukup serta moda transportasi
umum massal yang memadai. Kurangnya kapasitas jalan serta transportasi umum yang memadai
menyisakan suatu permasalahan yaitu kemacetan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk
menyelesaikan permasalahan kemacetan yaitu dengan penggunaan jalan berbayar elektronik atau
Electronic Road Pricing (ERP). Studi perencanaan akan dilakukan di Jalan Matraman , DKI Jakarta.
Pemilihan Jalan Matraman beralasan bahwa jalan ini dilalui oleh jalur TransJakarta koridor 5 (matramankampung
melayu) sehingga diharapkan para pengguna kendaraan pribadi bisa beralih ke transportasi umum
massal yaitu TransJakarta. Sehingga diharapkan dengan penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jalan
Matraman dapat mengurangi angka kemacetan yang tinggi. Tugas akhir ini akan menghitung probabilitas
perpindahan pengguna jalan pribadi di Jalan Matraman menjadi menggunakan transportasi umum massal
TransJakarta dengan beroperasinya Electronic Road Pricing (ERP) atau memilih membayar Electronic
Road Pricing (ERP) .Hal lain yang akan dianalisis yaitu kinerja lalu lintas di Jalan Matraman sebelum dan
sesudah penerapan Electronic Road Pricing (ERP).

Published
2022-11-02