Peningkatan Produktifitas UMKM Kuliner Jawara Depok Melalui Pelatihan Digital Marketing Pada Platform E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan
Abstract
Dalam rangka memperkuat keterlibatan pelanggan, Marketing 4.0 melengkapi konektivitas mesin ke
mesin dengan sentuhan manusia ke manusia. Strategi pemasaran ini memadukan interaksi online dan offline
antara penyedia barang dan jasa dengan konsumen. Tujuan penelitian adalah untuk peningkatan produktifitas
UMKM Kuliner Jawara Depok melalui pelatihan digital marketing pada Platform E-Commerce untuk
meningkatkan penjualan . Hasil penelitian menunjukkan, dalam implementasi pelatihan digital marketing
pada Platform E-Commerce membutuhkan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang mempunyai
pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan e-commerce serta sarana prasarana berupa
perangkat/gadged serta paket data (jaringan Wi-Fi). Motivasi pengunaan e-commerce untuk usaha UMKM
kuliner Jawara Depok, diantaranya : (1) Adanya dorongan dan tuntutan konsumen untuk mengadopsi ecommerce,
(2) Adanya dorongan dan tuntutan pemasok/supplier untuk menggunakan e-commerce, (3) Adanya
dorongan dan tuntutan perkembangan dunia bisnis yang berkembang secara online, (4) Adanya dorongan dari
pemerintah agar UMKM go online/go digital dalam pemasaran dan penjualan produknya, (5) Adanya persaingan
usaha baik persaingan dari usaha lainnya ataupun persaingan dari produk usaha sejenis. Keuntungan yang akan
diperoleh dengan menggunakan e-commerce adalah (1) Penggunaan e-commerce dapat meningkatkan
pendapatan usahanya, (2) Penggunaan e-commerce dalam meningkatkan transaksi jual beli, (3) Penggunaan
e-commerce dalam pemasaran produk, produknya lebih mudah dicari dan dibeli oleh konsumen, (4) Adanya
e-commerce dapat membantu konsumen yang jauh dari lokasi UMKM dapat melihat dan membeli
produknya, (5) Penggunaan e-commerce membantu memperpanjang waktu layanan kepada konsumen dan
menghemat waktu penjualan