Rancang Bangun Sistem Pengelolaan ATK Menggungakan QR-Code Berbasis Website
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membutuhkan pengelolaan data yang efektif.
Pandemi covid-19 berdampak terhadap pekerjaan terutama pada pengelolaan alat tulis
kantor (ATK). Ketersediaan alat tulis kantor pada perusahaan berfungsi untuk menunjang
aktivitas pekerjaan. Untuk mempermudah pengelolaan ATK, maka dibutuhkan sebuah
sistem informasi agar pengelolaan ATK dapat terlaksana dengan baik. Tujuan dari
penelitian ini adalah menghasilkan rancangan desain sistem pengelolaan ATK
menggunakan QR-Code berbasis website untuk mempermudah pengelolaan dan pencatatan
pemakaian ATK. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem adalah metode
prototype, sedangkan pada metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan cara pengambilan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa proses pengelolaan ATK pada perusahaan masih
menggunakan google spreadsheet dan pencatatan pemakaian ATK masih dilakukan secara
manual. Penggunaan formulir pemakaian ATK rentan terjadi human error yaitu lupa
mengisi formulir tersebut. Sedangkan penggunaan google spreadsheet sebagai media
pengelolaan persediaan ATK memiliki kekurangan yaitu (1) rentan terjadi manipulasi
jumlah stok persediaan ATK, (2) adanya perbedaan penyebutan item barang, (3) proses
rekap yang membutuhkan waktu cukup lama, (4) kurang maksimalnya pengontrolan
pemakaian ATK, dan (5) rentan terjadi human error. Sistem pengelolaan ATK merupakan
sistem berbasis website yang memanfaatkan QR-Code. Pada sistem pengelolaan ATK
terdapat empat fitur yaitu fitur pemakaian ATK, fitur input dan order, fitur master ATK,
dan fitur quantity by RKAP. Sehingga diharapkan dapat mempermudah pengelolaan dan
pencatatan pemakaian ATK.