Analisis Kualitas Website PT. Altrak 1978 Menggunakan Metode WebQual 4.0
Abstract
PT. Altrak 1978 adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Distributor Alat Berat. PT.
Altrak 1978 memiliki sebuah website yaitu www.altrak1978.co.id. Website tersebut digunakan
untuk pemberian informasi kepada klien atau pengguna mengenai alat berat yang mereka cari.
Website PT. Altrak 1978 belum dikatakan sebagai website e-commerce dikarenakan website hanya
bisa melakukan transaksi secara pre-order. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website
PT. Altrak 1978 terhadap kepuasan pengguna dengan metode WebQual 4.0 yang memiliki 3 variabel
yaitu Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Interaksi. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data survey yang disebarkan kepada user website
PT. Altrak 1978. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Teknik purposive
sampling. Serta untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi responden, peneliti menggunakan
metode skala Likert dengan 4 pilihan skala yang disediakan untuk responden. Kemudian dari data
yang diperoleh akan dianalisis menggunakan SPSS (Software Statistical Product and Service
Solution). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variable Usability Quality dan Information
Quality tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna PT. Altrak 1978
dikarenakan nilai t hitung < t tabel, sedangkan Service Interaction Quality memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan pengguna website PT. Altrak 1978 dikarenakan nilai t hitung > t
tabel. secara bersama-sama menunjukkan bahwa berpengaruh simultan terhadap Kepuasan
Pengguna dengan nilai signifikan sebesar 51,3%. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna merasa
puas dengan website PT. Altrak1978.