Pemberian Makan Hewan Berbasis Internet of Things
Abstract
Memelihara hewan memiliki manfaat bagi pemiliknya, seperti kucing dan ikan yang dapat menghibur dan
menenangkan pemiliknya. Adapun hewan yang dapat dipelihara untuk diolah hasilnya, misalnya ayam. Tetapi
masalah yang sering terjadi adalah ketika para pemilik hewan lupa atau sedang berhalangan untuk melakukan
pemberian makan peliharaannya waktu yang cukup lama. Salah satu pemanfaatan perkembangan teknologi
seperti internet of things sebagai alat bantu dapat menjadi jawaban untuk masalah ini, Maka dari itu penelitian
ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut. Konsep dari pemberian makan hewan yang diusulkan yaitu
dapat dikendalikan dari smartphone. Dalam projek ini digunakan modul WiFi NodeMCU 8266 sebagai
mikrokontroler dan juga penghubung koneksi internet, motor servo berperan sebagai penggerak penutup
tabung makanan dan aplikasi Blynk yang berfungsi sebagai alat kendali jarak jauh untuk mengeluarkan
makanan hewan sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditentukan.