PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNING PENDEKATAN BIMBINGAN BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA
Abstract
Proses pendekatan dalam kegiatan belajar mengajar merupakan suatu hal yang sangat perlu untuk menarik siswa agar
motivasi belajar meningkat. Hal ini perlu diupayakan peningkatan motivasi belajar siswa karena akan berpengaruh terhadap
prestasi belajar matematika di sekolah. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan
pendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika
siswa. Penelitian eksperimen ini mengambil populasi sekolah SMA di Kabupaten Bandung yang dalam pembelajarannya
belum pernah menggunakan multimedia dalam kegiatan belajar mengajar matematika. Sampel dari penelitian ini adalah
kelas XII SMA 1 Banjaran. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket motivasi dan instrumen tes prestasi belajar
matematika serta angket respon siswa terhadap pendekatan belajar yang digunakan. Berdasarkan hasil pengolahan data
menggunakan program SPSS 20.0, data menunjukan bahwa hasil korelasinya signignifikan dengan pengaruh penggunaan
pendekatan bimbingan belajar berbasis multimedia menyebabkan motivasi belajar siswa meningkat dan berpengaruh
terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa sebesar 55,4%.