Efektivitas Konten Digital Terhadap Minat Beli Produk Kopi Kenangan (Survey Pada Followers Instagram @kopikenangan.id)

  • Velantin Valiant Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Keywords: Konten Digital, Minat Beli, Kopi Kenangan

Abstract

Social media marketing melalui konten digitalnya bertujuan untuk memasarkan produk dan jasa layanan melalui konten dan desain yang menarik perhatian calon konsumen. Salah satunya untuk produk kopi seperti kopi kenangan. Dalam penelitian ini menggunakan teori Elaboration likehold teory dengan variabel konten digital dan variabel minat beli. Paradigma penelitian Positivisme, pendekatan penelitian kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dan metode penelitian survey, Populasi dalam penelitian ini follower akun @kopikenangan.id. Hasil yang diperoleh untulnilai Pearson Correlation 0.699 ada pada range 0,60 – 0,799 yang berarti variabel X dan Variabel Y memiliki tingkat korelasi yang kuat dan berpengaruh yang memiliki pengertian bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Konten Digital terhadap Minat Beli. Hasil perhitungan regresi pada tabel diatas diketahui nilai koefisien determinan (R Square) yang diperoleh sebesar 0,572, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel X (Konten Digital) terhadap variabel Y (Minat Beli) adalah sebesar 57,2%. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan bahwa nilai t hitung 10,22 > nilai t tabel 1,6605, artinya terdapat pengaruh Konten Digital (X) terhadap Minat Beli (Y).

Published
2022-11-01