Pengaruh Penggunaan Media Kampanye Terhadap Perubahan Sikap Generasi Z Pada Pemilihan Umum 2024
Abstract
Penggunaan media kampanye oleh politisi yang akan bertarung di ajang pemilihan legislatif 2024 diharapkan dapat meningkatkan eksistensi dari tokoh public, media digital memberikan politikus berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui wawancara, debat, dan forum publik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui besaran pengaruh penggunaan media kampanye terhadap Perubahan Sikap Generasi Z. Dalam penelitian ini menggunakan teori Ekologi Media, dengan variabel penggunaan media kampanye dan variabel Sikap Generasi Z. Penelitian ini menggunakan Paradigma Positivisme, Pendekatan Kuantitatif, Sifat Penelitian Eksplanatif dan Metode Penelitian Survey. Populasi adalah Generasi Z yang memiliki kesempatan memilih dan Sampel penelitian dengan Rumus Slovin didapatkan 100 responden. Hasil yang didapatkan, berdasarkan hasil uji korelasi, nilai Pearson Correlation 0,726 pada range 0,60 – 0,799, variabel X dan Variabel Y memiliki tingkat korelasi yang kuat dan berpengaruh. Hasil uji hipotesis (uji t) menunjukan nilai t hitung 10,321 > nilai t tabel 1,6605, artinya terdapat pengaruh penggunaan media kampanye terhadap perubahan sikap generasi Z.