Pola Komunikasi Customer Service Dalam Menangani Komplain Pelanggan (Studi Pada PT. Inti Tama Karsa, Jakarta)
Abstract
Pelayanan yang baik erat kaitanya dengan keberhasilan perusahaan dalam memenuhi kepuasan konsumen, perusahaan harus bisa mengembangkan kerjasama dengan konsumen dalam penyampaian layanan yang prima. Aspek pelayanan sangat penting bagi berkembangnya bisnis. Pelayanan merupakan peran dari customer service berhubungan langsung dengan pelanggan. Pertanyaan penelitian adalah: “Bagaimana Pola Komunikasi Customer Service dalam Menangani Komplain pelanggan (Studi Pada PT Inti Tama Karsa, Jakarta). Penelitian ini menggunakan Model komunikasi Dua Arah, menggunakan konsep Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi, Customer Service, Komplain Pelanggan, Penanganan Komplen. Menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dan sifat penelitian deskriptif. Customer Service menetapkan Pola Komunikas customer service dalam menangani komplain pelanggan, dimulai mengenal dan memahami karakter pelanggan, menyusun pesan yang disampaikan ke pelanggan, menetapkan cara menerima keluhan sampai menyelesaikan keluhan pelanggan dan melakukan follow-up kepada pelanggan. Adapun keluhan yang disampaikan pelanggan.